Memilih Sudut Pandang Untuk Ceritamu

Memilih sudut pandang untuk tulisanmu, kira-kira masih pada bingung gak ya? Sudut pandang atau bahasa kerennya adalah Point of View (PoV) memiliki peran penting dalam ceritamu. Ada berapa sudut pandang yang bisa digunakan sih? Ada yang tau?

Pada dasarnya sudut pandang untuk cerita yang kalian bikin ada 2, ini mengacu kepada hal yang lazim digunakan oleh para penulis. Sudut pandang yang biasa digunakan adalah orang pertama dan orang ketiga. Lantas, apa bedanya?

Sudut pandang orang pertama adalah sudut pandang yang menempatkan penulis menjadi orang yang merasakan dari cerita tersebut bahkan menjadi bagian dari cerita tersebut. Sehingga kalian bisa mendorong terjadinya ikatan emosional antara tokoh dengan pembaca. Sudut pandang orang pertama ini dapat dibagi lagi menjadi sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, pelaku sampingan dan serba tahu. Biasanya menggunakan kata aku, saya untuk tunggal sedangkan jamak menggunakan kami.

Sudut pandang berikutnya adalah sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang ini menggunakan kata ganti orang, dia atau ia. Sehingga jika menggunakan sudut pandang ini, penulis menempatkan diri sebagai pengamat. Penulis akan berada di luar cerita yang sedang dibuatnya. Sebagai penutup, kalian bebas memilih sudut pandang yang digunakan. Bahkan boleh menggabungkannya. Sekali lagi tergantung selera, persis kayak memilih pasangan kalian….Dyaaarrrr(*)

You might also like

One thought on “Memilih Sudut Pandang Untuk Ceritamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *