Jangan Sedih!Lakukan Hal Ini Jika Naskahmu Ditolak

Naskah kalian ditolak? Pasti kalo mental kalian gak kuat, kalian bakal gak nerusin cita-cita jadi penulis. Bukan berarti kalo naskah kalian ditolak dunia akan berakhir. Justru inilah kesempatanuntuk memperbaiki diri dan tulisan. Naskah ditolak adalah awal untuk menuju kesuksesan kalian.

Memiliki naskah yang ditolak kalian bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut ini. Ndak usah terus baper di medsos. Lakukan langkah seperti yang mimin bilangin, maka kalian akan menjadi calon penulis yang hebat.

  1. Baca kembali catatan dari editor mengenai tulisanmu. Mengapa ini harus dilakukan? Inilah saat terbaik untuk melakukan evaluasi terhadap tulisan yang sudah kamu kirimkan sekaligus berlatih lapang dada. Kita akan mendapatkan banyak masukan dari sana.
  2. Temui teman terdekat atau komunitas yang kalian punyai. Laaahh apa hubungannya?Ketika naskah ditolak kalian membutuhkan bahu untuk bersandar dan teman yang mau dengerin ceritamu kan? Itulah fungsi mereka. Tapi jangan kebanyakan curhat, gak baik juga ya cyiiinnn…
  3. Perbaiki tulisanmu dan kirimkan ke penerbit. Setelah puas curhat dan melihat kritikan, saatnya kalian berbenah. Kalian perbaiki tulisan dan segera kirimkan ke penerbit. Ndak usah ngoyo kirim ke penerbit major, kalian juga bisa berkirim naskah kepada penerbit alternatif. Yang terpenting adalah naskah kalian segera bisa dinikmati banyak orang. Bukan begitu? Mau ditolak lagi?…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *