Ternyata Ini, Alasan Penerbit Menerima Naskahmu!

Setelah beberapa waktu yang lalu kita sempat bahas kenapa sih naskah kalian ditolak sama penerbit. Di tulisan ini, kita akan memberikan kabar gembira yang pastinya bisa membuat kalian bersemangat dalam menulis buku kalian. Ada beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan, kenapa naskah kalian layak untuk diterbitkan.

Beberapa alasan kenapa penerbit menerima naskahmu adalah sebagai berikut, semoga membuat kalian makin terinspirasi ya…

  • Tema yang diangkat haruslah memiliki keunikan. Penulis haruslah memiliki sudut pandang baru dalam membahas sebuah tulisan walaupun temanya sama. Buatlah kebaruan dalam tulisan yang kalian buat.
  • Kurangi saltik alias typo. Biasanya teman-teman editor bakalan malas untuk membaca tulisan yang memiliki salah ketik banyak sekali. Hal ini menunjukkan bahwa kalian dalam menulis sebuah tulisan tidaklah serius dan tergesa-gesa.
  • Buatlah ending yang tak mudah ditebak. Ini juga yang perlu kalian latih. Membuat ending yang tak terduga! Kalian harus berani bereksperimen dalam membuat ending. Gak harus semua cerita itu happy ending kok.
  • Perhatikan juga hal teknis lainnya. Hal teknis? emang ngaruh? Ngaruhlah! Masak kalian kirim ke editor pakai email yang ngalay. Gak pake subject dan perkenalan diri? Dipikir kayak Roy Kiyoshi, bisa nerawang aja si editor. Buatlah pula daftar riwayat hidup yang keren, hindari ngawur.
Kalian punya naskah? Tapi males ribet buat nerbitin dan ngejualinnya? Bisa deh kalian main-main ke sini…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *