Membuat Dialogmu Biar Lebih “Hidup”

Kemarin ada yang bertanya kepada mimin, cara membuat dialog dalam sebuah cerita fiksi, apapun jenisnya. Dialog merupakan sebuah hal yang tak dapat dipisahkan dalam sebuah cerita. Keberadaan dialog menjadi sebuah penentu pula untuk membuat cerita menjadi lebih hidup.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam membaut dialog akan kita bahas secara singkat, padat dan jelas pada uraian di bawah ini.

  • Anggaplah dirimu sedang bercakap-cakap dengan orang lain. Kalian sebagai penulis harus bisa untuk membayangkan sedang berbincang dengan lawan bicaramu. Rasakan sensasi pembicaraan yang sedang kalian lakukan.
  • Pahami konteks dalam perbincangan yang sedang kalian buat. Sebuah konteks dan teks sangatlah berkaitan erat, keduanya saling mendukung. Sehingga jangan sampai kalian lupa untuk memainkan emosi para pembaca. Jangan sampai antara teks dan konteks malah tidak nyambung.
  • Perhatikan tanda baca yang kalian gunakan dalam sebuah dialog. Tanda baca sangat mempengaruhi sebuah dialog. Penggunaan tanda seru, tanda tanya, dan tanda lainnya akan sangat berpengaruh pada intonasi yang ditekankan dalam dialog. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *