Tips Menulis Genre Humor

Salah satu genre yang ada di jagad kepenulisan adalah humor. Banyak sekali penulis yang muncul dari genre ini, contohnya Raditya Dika, Ernest, dan para komika lainnya. Namun belakangan genre ini mulai agak mengalami penurunan minat. Mengingat menulis humor itu susah-susah gampang. Menulis genre humor padahal dapat menjadi hal yang segar dan dibutuhkan oleh bangsa ini.

Menulis genre humor bukan berarti kalian harus memulai dari stand up comedy kok. Ada cara untuk kalian yang ingin benar-benar serius masuk ke dalam genre humor. Pengen tau?

  • Asahlah sense of humor. Penulis komedi yang baik adalah orang yang bisa mengasah insting humor yang ia miliki. Caranya sangat mudah, bacalah tulisan komedi, menonton film komedi, bahkan bisa juga memanfaatkan pengalaman yang dialami.
  • Harus berani dan berpikir out of the box. Komedi yang paling mudah adalah dengan menertawakan diri sendiri. Selanjutnya, harus berpikir di luar kebiasaan. Misalkan beberapa contoh judul yang diangkat oleh Raditya Dika kan menarik tuh.
  • Gunakan kalimat yang sederhana. Membaca tulisan humor tidak bisa disamakan dengan membaca tulisan yang “berat”. Penulis harus segera menyelesaikan set humor yang sedang dibangunnya. Jika terlalu lama maka akan garing.
  • Belajarlah pula dari teknik yang digunakan para komika. Menulis humor memang membutuhkan sebuah teknik yang mirip dengan para komika. Tak ada salahnya kalian juga menggunakan teknik yang mereka pakai. Agar ending ceritamu mengejutkan.(*)

You might also like

4 thoughts on “Tips Menulis Genre Humor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *