Tips Membuat Novel Remaja

Novel remaja merupakan sebuah bentuk tulisan yang masih banyak diminati oleh kalangan anak muda. Ceritanya yang ringan, dekat dengan keseharian serta mudah dipahami  membuat novel remaja masih laris di pasaran. Banyak penulis lahir dari novel remaja. Menulis novel remaja sebenarnya mudah untuk dilakukan kok. Masih banyak peluang untuk kalian memulainya.

 

Berikut ini adalah tips untuk membuat novel remaja yang kita buatin kalian :

  • Perbanyak membaca dan melakukan observasi. Membaca adalah kunci, jadi ketika kalian mau nulis tentang novel remaja harus banyak membaca dan melakukan observasi. Biar tulisanmu gak sama kek orang lain dan memperkaya tulisanmu tentunya.
  • Buatlah tema yang menarik. Tugas keduamu adalah membuat tema untuk novel remajamu, kamu harus membuat tema yang “unik” . Berilah alasan yang kuat kenapa temamu itu layak dijadikan buku kepada penerbit.
  • Buatlah karakter yang kuat untuk tokohmu. Tokoh merupakan hal yang penting dalam sebuah novel, pun demikian dengan novel remaja. Kalian harus mematangkan benar karakter yang dibawa oleh tokohmu. Perhatikan pula unsur intrinsik lainnya seperti alur, setting dan sebagainya.

Semoga tips singkat ini bisa membantu kalian menjadi penulis novel remaja.(*)

You might also like

One thought on “Tips Membuat Novel Remaja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *