Kenali Jenis Alur Yang Cocok Untuk Tulisanmu

Setelah kemarin kita mengenal mengenai alur yang ada dalam sebuah cerita. Sekarang kita akan membahas jenis-jenis alur yang lazim digunakan dalam sebuah cerita. Sudah siap?

Jenis-jenis alur yang digunakan untuk cerita, ada 3. Yang pertama adalah alur maju. Alur ini juga bisa disebut dengan alur progresif. Biasanya alur ini bersifat runtut dan teratur. Pola yang biasanya muncul dalam alur ini adalah sebagai berikut. Pengenalan → Muncul konflik → Klimaks → Antiklimaks → Penyelesaian.

Alur yang kedua adalah alur mundur. Banyak juga yang menyebut alur ini regresif ataupun flash back. Alur ini dimulai dengan peristiwa masa lalu yang kemudian menuju ke masa kini. Dalam alur mundur ini memungkinkan juga terjadi urutan peristiwa yang tidak urut. Secara garis besar, alur mundur bisa digambarkan seperti ini. Penyelesaian → Antiklimaks → Klimaks → Muncul konflik → Pengenalan.

Terakhir, alur campuran. Alur ini merupakan gabungan dari alur maju dan mundur. Pembuatan alur ini dimulai dengan adanya klimaks. Selanjutnya, penulis akan membawa cerita ke konflik, pengenalan dan akhirnya ditutup dengan penyelesaian. Secara jelasnya, alur campuran diijelaskan sebagai berikut. Klimaks → Muncul konflik → Pengenalan→ Antiklimaks → Penyelesaian.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *