Teknik Penokohan Agar Ceritamu Makin Kuat

Yess…ini adalah edisi terakhir dari bahasan mengenai tokoh dan penokohan agar ceritamu makin berkarakter. Di bagian ini, akan kita berikan sebuah cara untuk membuat penokohan agar kalian makin mantap dan yakin dengan karya kalian.

Ada 2 tekini penokohan yang dapat digunakan dalam membuat ceritamu. Teknik yang pertama adalah teknik penokohan analitik. Biasanya teknik digunakan untuk menggambarkan secara jelas mengenai karakter tokoh dalam sebuah cerita. Teknik ini sangatlah sederhana dan membuat penulis harus konsisten dalam menuliskan karakter yang dibawakannya dalam cerita. Kelemahannya, pembaca menjadi pasif dalam menafsirkan tokoh yang ada. Sehingga tidak diberikan kebebasan untuk menafsirkan karakter si tokoh.

Teknik penokohan kedua adalah teknik dramatik. Nah, di teknik kedua ini, keahlian penulis beanr-benar diuji untuk mampu merangkai sebuah penokohan secara bebas. Penulis secara implisit menggambarkan tokoh. Metodenya menggunakan percakapan, perbuatan, pikiran, respon terhadap orang lain, fisik dan lainnya. Penulis berusaha mengajak pembaca untuk berani menafsirkan karakter tokoh tersebut.

Gimana? Udah bisa kan kalian bikin tokoh dan penokohan? Terusss…kapan tulisan kalian selesai?

You might also like

One thought on “Teknik Penokohan Agar Ceritamu Makin Kuat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *