Membuat Tokoh Untuk Tulisanmu

Sebuah cerita atau tulisan baik fiksi ataupun non fiksi tentunya membutuhkan tokoh. Tentunya tokoh memiliki peran yang vital dalam tulisanmu. Agar pengetahuan serta kemampuan menulismu makin keren. BAKBUK.ID di tulisan hari ini akan memberikan dasar-dasar mengenai tokoh untuk tulisanmu.

Apa sih sebenarnya tokoh itu? Tokoh dalam sebuah tulisan bisa diwujudkan dalam bentuk manusia, hewan, benda ataupun simbol lainnya yang diinginkan oleh para penulis. Tokoh dalam tulisan dibagi menjadi dua, tokoh statis dan dinamis. Lalu apa beda dari keduanya?

  • Tokoh statis

Tokoh statis dalam tulisan sebenarnya lebih cocok dikatakan sebagai tokoh sampingan. Perannya dalam sebuah tulisan tidak akan terlalu menonjol. Tokoh statis biasanya dibatas ruang dan waktu oleh penulisnya. Tujuannya agar tidak mengacaukan dari tokoh utama. Biasanya tokoh ini hanya numpang lewat saja dalam sebuah tulisan.

  • Tokoh dinamis

Tokoh dinamis merupakan tokoh utama dalam tulisanmu. Dalam sebuah tulisan, tokoh dinamis memungkinkan untuk diberikan “ruang” berkembang mengikuti alur cerita. Tokoh dinamis ini biasanya akan dipecah lagi dalam tokoh antagonis dan protagonis.

Gimana, udah makin jelas kan mengenai tokoh untuk tulisanmu ? Jangan ragu untuk bertanya kepada kita ya bro and sis.

You might also like

One thought on “Membuat Tokoh Untuk Tulisanmu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *