Mudah Menulis di Media Massa

Dunia menulis sangatlah beragam, hal ini mengakibatkan banyaknya pilihan yang bisa diambil oleh penulis. Selain penulis sastra, banyak juga kita temui para penulis opini dan kolumnis. Tentu semuanya memiliki tantangannya masing-masing. Menembus tulisan di media massa sebenarnya mirip dengan ketika mengirimkan naskah ke penerbit.

Tenang saja, ada caranya untuk kalian semua menembus tulisan di media massa. Marilah bersama-sama kita simak apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat tulisan di dipampang di media massa.

  • Membaca. Kunci paling awal adalah kita tetap harus membaca. Hal ini selain berguna untuk mengetahui isu yang sedang berlangsung, dapat juga untuk mengetahui tata cara pengiriman naskah.
  • Pahami karateristik media massa tersebut. Ketika kalian mengirimkan naskah kepada media massa, kalian harus jeli untuk mengamati sekaligus memahami “gaya” media massa tersebut.
  • Menulislah sesuai aturan yang sudah ditentukan. Ketika sebuah media massa sudah mengeluarkan aturan untuk menulis misalnya 500 kata, maka penuhilah dan jangan melebihi batas yang sudah ditentukan.
  • Teruslah mencoba mengirimkan artikelmu. Seorang penulis yang baik adalah orang yang pantang menyerah. Terus cobalah untuk mengirimkan artikelmu ke semua media massa yang kamu rasa cocok dengan artikelmu. (*)

You might also like

3 thoughts on “Mudah Menulis di Media Massa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *