Menulislah Dengan Efektif

Menulis dengan efektif? Emang bisa? Ya pasti bisa. Menulis dengan efektif adalah menulis dengan cepat namun dengan kualitas terjamin tentunya. Sehingga tulisan kita bisa selesai dengan tepat waktu. Jangan sampai naskah kita kalah cepat dengan penulis lainnya.

Menulis dengan efektif dapat ditempuh dengan beberapa cara. BAKBUK.ID akan kasih kalian cara menulis dengan efektif agar tulisan kalian selesai dan bisa dikirimkan kepada penerbit impian kalian.

  1. Tentukan tujuan. Sebagai seorang penulis kita harus memiliki tujuan untuk tulisan kita. Tujuan yang dimaksud adalah jenis tulisan dan siapa yang akan menjadi target pasar kita. Ini penting sebagai titik tolak tulisan kita.
  2. Rumuskan ide. Setelah memiliki tujuan, langkah selanjutnya adalah merumuskan ide bagi tulisan kita. Kerucutkan ide kita agar sesuai dengan tujuan. Setelah itu, buatlah peta konsep dari ide yang sudah kalian dapatkan.
  3. Kumpulkan bahan dan perbanyak riset. Peta konsep yang sudah dibuat merupakan panduan kita dalam menulis. Sehingga setelah memiliki peta konsep segeralah mengumpulkan bahan dan memperbanyak riset bagi tulisanmu.
  4. Segeralah menulis. Jika sudah lengkap semua bahan dan risetmu, segeralah menulis. Janganlah kelamaan menunggu. Oke?
  5. Editing. Tulisan sudah jadi, maka kamu harus membacanya sekali lagi sekalian melakukan editing terhadap kata ataupun kalimat yang strukturnya kurang tepat.
Semoga 5 langkah menulis dengan efektif ini bisa membantu kalian menyelesaikan tulisanmu. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *