Rahasia Sukses Menjadi Penulis Cerpen Pemula

Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang hingga sekarang masih diminati oleh masyarakat luas. Beberapa media massa masih memberikan ruang untuk mengirimkan sebuah cerpen dan dimuat. Tentu ini harusnya peluang yang tak boleh disia-siakan.

Menjadi penulis cerpen pemula tentunya adalah langkah awal sebelum kita menapaki tahapan selanjutnya. Apa saja sih yang harus dimiliki untuk menjadi penulis cerpen pemula?

  • Pastikan tulisanmu pendek. Namanya juga cerpen, pastinya tulisannya gak mungkin sampai berjilid-jilid kan? Batasi dirimu dalam menulis cerpen.
  • Buatlah tulisan dengan padat dan jelas. Seorang penulis cerpen harus bisa membuat tulisannya padat dan jelas. Sebisa mungkin jangan menggunakan kata atau kalimat yang mengandung kiasan.
  • Buatlah cerpenmu hidup. Kenapa harus membuat cerpenmu hidup? Menulis cerpen haruslah membawa si pembaca terbawa dalam suasana dalam waktu yang singkat pula. Tidak seperti novel.
  • Teruslah berlatih. Berlatih itu banyak caranya. Salah satunya dengan banyak membaca sekaligus menulis. Cobalah untuk menuliskan kembali cerpen yang kamu baca dengan gaya bahasamu sendiri.
  • Rajin mengirim tulisan ke media massa ataupun penerbit. Jangan takut untuk mengirimkan naskah cerpenmu. Kamu bisa juga mengajak temanmu membuat antologi cerpen dalam mengirimkan naskah.(*)

 

You might also like

One thought on “Rahasia Sukses Menjadi Penulis Cerpen Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *