Gimana Sih Biar Selalu Produktif Menulis?

Jika kamu memilih jalan hidupmu sebagai penulis maka hidupilah pilihanmu!

Penulis adalah orang yang mendedikasikan hidupnya untuk kegiatan literasi, yakni membaca dan menulis. Tantangannya adalah kita harus selalu menulis agar predikat kita sebagai penulis tidak lantas terhapus oleh sang kala. Seorang penulis haruslah selalu produktif menulis untuk menghasilkan karya terbarunya.

Tuntaskan tuliskan yang akan ataupun sedang kamu buat. Agar kamu selalu produktif menulis ada baiknya untuk membaca “rahasia” di bawah ini :

  1. Menulislah setiap hari. Kamu harus melakukan pembiasaan untuk menulis, agar pikiranmu juga memiliki pola bahwa menulis adalah kebutuhan hidupmu yang harus kamu tuntaskan!
  2. Menulislah tanpa rasa takut. Jangan pernah berpikir untuk menghentikan tulisanmu di tengah jalan karena kamu ingin mengedit tulisanmu. Itu hanya akan menghambat tulisanmu!
  3. Jauhkan dirimu dari hal yang mengganggu. Menulis adalah meditasi diri kita dengan kata-kata. Maka dari itu, jika perlu matikan gawai ataupun hal-hal yang memecah konsentrasimu.
  4. Istirahat jika sudah lelah. Perlulah kiranya kita juga meregangkan otot dan syaraf yang kita paksa untuk menulis. Memaksakan tubuh hanya akan menganggu kesehatan kita. (*)

 

You might also like

One thought on “Gimana Sih Biar Selalu Produktif Menulis?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *