Penerbitan Mandiri Siapa Bilang Tidak Mengasyikan?

Kemunculan penerbitan mandiri seperti BAKBUK.ID di tengah-tengah meningkatnya gairah literasi di Indonesia merupakan hal yang membuat dunia perbukuan semakin seru. Tentunya para pelaku penerbitan mandiri berbeda dengan penerbitan major atau konvensional. Tetapi walaupun memiliki perbedaan tetapi semangatnya sama, memajukan negeri ini melalui literasi.

Di manakah keasyikan penerbitan mandiri? Tentu ada dong, penerbitan mandiri juga menawarkan keseruan ketika kalian menerbitkan buku lewat jalur mandiri.

  1. Bersifat lebih dinamis dalam mencetak jumlah buku. Keuntungan pertama dalam menerbitkan buku mandiri adalah bisa mencetak buku mulai dari satuan, puluhan, bahkan ratusan. Jadi penulis bisa mengontrol jumlah penjualan bukunya.
  2. Karena mandiri, lakukanlah semuanya sendiri. Hal yang mengasyikan selanjutnya adalah kita bertanggung jawab penuh atas penyelesaian naskah kita. Mulai dari sampul, layout, bahkan editing. Merasa tidak mampu? Inilah saatnya kalian harus memperluas jaringan. Carilah teman atau komunitas yang bersedia membantu agar naskahmu paripurna. Seru kan?
  3. Pembagian royalti dengan proporsi lebih besar untuk penulis. Banyak sekali penerbitan mandiri yang memberikan royalti 60% bagi penulis. Jadi tak ada salahnya mencoba untuk mengirimkan naskahmu ke penerbitan mandiri.(*)

You might also like

5 thoughts on “Penerbitan Mandiri Siapa Bilang Tidak Mengasyikan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *