Cara Mendapatkan Bahan Untuk Bukumu

Kelahiran sebuah buku tidak bisa hanya dalam waktu singkat saja. Ada banyak proses yang perlu dilewati, sebagai dasarnya adalah seorang penulis haruslah mendapatkan bahan untuk buku atau tulisannya. Tidak mungkin sebuah buku tidak memiliki bahan dalam proses pembuatannya.

Mendapatkan bahan untuk buku sebenarnya mudah asalkan kita benar-benar berniat membuat buku dan menyelesaikannya. Biar buku kalian cepet jadi dan bisa segera diterbitkan, BAKBUK.ID akan kasih cara untuk mendapatkan bahan untuk bukumu.

  • Pengalaman. Gunakan pengalaman sebaga salah satu cara untuk memperkaya tulisanmu. Hal ini akan membuat bukumu terasa lebih dekat  dengan perasaan pembaca.
  • Pengamatan. Tuhan sudah memberikan panca indera, oleh karena itu gunakanlah untuk “merekam” semua yang kamu alami dan rasakan.
  • Membaca. Apapun tulisanmu pada intinya haruslah didasari dengan  membaca agar kamu juga tidak melakukan plagiasi. Selain itu agar kamu juga bisa mengembangkan cerita melalui membaca.
  • Wawancara. Jika kamu merasa data atau bahan unttuk tulisanmu kurang, jangan ragu untuk melakukan wawancara kepada orang yang kamu anggap kompeten untuk menudkung tulisanmu.
Semoga cara di atas membantu kalian yang masih galau untuk memilih profesi penulis sebagai jalan hidup.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *