Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff Untuk Sampul Bukumu

Kita kan sering tuh denger kata glossy atau doff. Biasanya kalau kita cetak foto ditanyain mau pakai glossy atau doff. Ya gak? Nah, ternyata glossy dan doff tidak hanya berlaku di foto saja lho. Laminasi glossy dan doff juga dapat ditemui juga di sampul bukumu. Apa sih beda keduanya?

Kita mulai dulu dari laminasi glossy. Pada dasarnya laminasi glossy ini akan membuat sampul bukumu menjadi lebih terang dan terkesan mewah. Hal ini dikarenakan permukaan kertas yang dilaminasi glossy memantulkan banyak cahaya. Tapi ketika sering dipegang maka akan muncul banyak bekas sidik jari di sampul bukumu.

Laminasi doff merupakan laminasi yang dirancang untuk memberikan lapisan untuk sampul bukumu. Biasanya warna akan menjadi redup. Tetapi dia tahan lama dan tidak meninggalkan bekas sidik jari seperti glossy. Laminasi doff bersifat susah ditekuk, karena ketika ditekuk lapisannya lama-lama akan muncul patahan dan mengelupas.

Gak perlu bingung lagi kalo nerbitin buku, tinggal pilih aja mau pakai laminasi sesuai seleramu. Laminasi glossy dan doff pasti memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Kayak hubungan kalian…:-)(*)

You might also like

2 thoughts on “Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff Untuk Sampul Bukumu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *