Membaca Dengan Efektif

Membaca adalah kegiatan yang lazim dilakukan oleh setiap manusia. Semenjak kita kecil hingga menua, kita memang harus akrab dengan membaca. Tetapi dalam kenyataannya, membaca adalah aktivitas yang jarang kita lakukan dan malah menumpuk buku sangat banyak di rak buku. Sungguh ironis bukan? Sebenarnya ada cara membaca dengan efektif setiap bacaan yang kita punyai.

Tulisan berikut ini akan membahas bagaimana cara kita untuk membaca dengan efektif. Langsung saja kita bahas di bawah ini. Cara agar kita bisa melahap bacaan yang kita miliki.

  1. Scanning dan skimming. Cara iini adalah yang paling mudah dan biasanya dilakukan. Kita akan mengetahui secara cepat dan ringkas buku yang akan kita baca. Kita memilih topik-topik yang ada dalam buku tersebut sesuai kebutuhan kita saja.
  2. Bacalah kalimat topik atau kata kunci. Setelah mendapatkan gambaran secara umum yang kita perlukan. Selanjutnya, kita memilih topik ataupun kata kunci yang kita akan gunakan atau butuhkan.
  3. Baca dengan detail. Langkah selanjutnya adalah membaca bab atau kalimat topik dengan detail. Tujuannya untuk melatih kita berpikir dari hal umum ke khusus.
  4. Tulis kembali apa yang sudah dibaca. Terakhir, buatlah ringkasan apa yang sudah kita baca. Hal ini bertujuan untuk melatih otak kita mengingat hal-hal inti dari buku tersebut serta meningkatkan kemampuan menulis kita. (*)

 

You might also like

One thought on “Membaca Dengan Efektif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *