Bukumu Ingin Diterbitkan? Begini Caranya

Muara dari sebuah tulisan adalah ketika tulisanmu berhasil menjadi buku. Itu merupakan puncak pencapaian dari hasil kalian dalam mengolah diri. Tetapi apakah semua naskah akan diterima oleh penerbit? Jawabannya adalah TIDAK! Penerbit tentu akan memiliki alasan untuk menerima dan menolak naskah kalian.

Sebenarnya menulis itu gampang, asalkan diawali dengan minat dan keseriusan kalian. Jikalau ingin naskahmu diterbitkan, BAKBUK.ID akan memberikan tips-tips nan ciamik biar penerbit melirik naskah kalian.

  • Kumpulkan bahan. Langkah paling awal yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan bahan. Ibarat seorang chef, maka ia harus mengumpulkan bahan yang akan dimasak untuk masakannya agar sempurna. Begitu juga dengan menulis.
  • Perhatikan gaya bahasa yang digunakan. Penulis haruslah cerdas dalam memilih gaya bahasa yang dipilih untuk tulisannya. Tulisan yang formal tentu akan lebih baik digunakan untuk non fiksi ataupun ilmiah. Tulisan yang bersifat non formal (cair) bisa digunakan untuk tulisan fiksi.
  • Tentukan target pasarmu. Inilah yang kadang kala membuat tulisanmu tidak bisa diterbitkan. Penulis yang baik harus mengetahui target pasar yang ingin disasar, entah itu remaja, anak-anak ataupun orang tua.
  • Tunjukkan apa yang menjadi daya jual naskahmu! Penulis juga harus memahami apa yang membuat naskahnya “beda” dengan yang lain. Jelaskan secara gamblang yang menjadi daya jual naskahmu.(*)

 

You might also like

One thought on “Bukumu Ingin Diterbitkan? Begini Caranya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *