Menghindari Salah Ketik Untuk Naskahmu

Siapa hayo yang suka salah ketik ketika bikin tulisan? Salah ketik merupakan “penyakit” yang sering dialami oleh penulis. Kadang kala salah ketik yang “parah” akan membuat editor menjadi malas untuk membaca naskah. Ada baiknya disimak cara menghindari salah ketik buat tulisanmu.

Salah ketik itu sebenarnya bisa dihindari kok. Semua hanyalah niatan kita aja gengs. So, mau tetap salah ketik atau setidaknya mengurangi salah ketik biar naskahmu makin manis dibaca.

  • Jangan mepet dengan deadline. Penyakit Sistem Kebut Semalam masih dipakai oleh kebanyakan penulis. Keesokan paginya deadline maka tulisannya dibuat malam harinya. Terus kapan mau dikoreksi salah ketiknya?
  • Gunakan fitur and replace. Fitur ini dapat ditemui di microsoft word yang kita pakai. Misalkan kita ingin mengetik ketika tetapi malah nulis ketiak. Dengan cepat menggunakan fitur tersebut dapat kita ubah.
  • Baca menggunakan suara. Ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi salah ketik untuk tulisan kita. Membaca dengan suara juga dapat digunakan untuk mengetahui tepat atau tidaknya tanda baca yang kita gunakan dalam mengatur nafas pembaca.
  • Cetaklah tulisanmu ! Sebagai langkah terakhir agar semakin mantap, cetaklah hasil tulisanmu. Tujuannya kamu dapat mencoret-coret tulisanmu dengan lebih leluasa, bahkan bisa meminta bantuan temanmu untuk membacanya. (*)

You might also like

One thought on “Menghindari Salah Ketik Untuk Naskahmu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *