Terus, Kapan Naskah Saya Diterbitkan?

Mengawali tahun baru tentunya kalian tetap harus semangat menghasilkan karya baru. Bukankah begitu? Terkait judul di atas, mimin bakal kasih tau naskah kalian akan diterbitkan kapan. Gini bro dan sis, dalam dunia penerbitan buku ada 2 jenis penerbitan, mandiri  dan major. Mimin udah jelasin di tulisan sebelumnya tentang perbedaannya.

Ketika kalian mengirimkan naskah, setiap penerbit memiliki aturan berbeda-beda dalam menyeleksi naskah. Ada yang 3 bulan, 6 bulan, bahkan setahun. Kuncinya adalah bersabarlah! Biarkan para editor membaca naskah kalian dengan teliti. Pliss deh…jangan sering-sering hubungin editor, mereka itu harus banyak baca naskah yang masuk dan tentu butuh konsentrasi.

Yang perlu kamu lakuin ketika nungguin kabar naskah kalian adalah tetaplah menulis, lalu kirim lagi ke penerbit lain. Kalian gak bakal rugi kok. Ada baiknya kalian juga mempertimbangkan penerbitan mandiri. Kenapa? Biar nambah portofolio kalian dalam hal menulis. Jangan salah, banyak penerbitan mandiri yang mengantarkan penulisnya masuk penerbit major bahkan dapet penghargaan. Gak ada salahnya juga kan mencoba? Pilihan di tanganmu gaesss…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *