Membuat Deadline Untuk Tulisanmu

Sebagai penulis sudah seharusnya kita memiliki target. Kapan kita akan menyelesaikan tulisan kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih produktif dan menghasilkan banyak karya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan membuat deadline tulisan untuk tulisan yang kita buat. Sehingga kita akan mengetahui perkembangan dari tulisan, ya kalo ngomongin hubungan. Mau lanjut ke jenjang serius atau cukup di sini. Semua harus diukur ya kak, termasuk juga tulisan.

Membuat deadline tulisan sebenarnya gampang kok. Yang terpenting adalah kita mampu mengukur kemampuan diri kita dalam menyelesaikan sebuah tulisan. Tentu kita harus mempertimbangkan kegiatan yang kita jalani. Setelah mampu memetakan kegiatan yang kita punya, barulah kita susun deadline pribadi. Jangan sampai kita ikut deadline orang lain ya kak. Jadilah dirimu sendiri.

Tentukan dulu kita ingin menulis apa dan berapa lama akan kita selesaikan, setelahnya cari bahan sebanyak mungkin. Tuliskan berapa hari yang dibutuhkan. Apabila sudah memiliki bahan, lanjutkan dengan membuat tulisan. Buat target per hari berapa halaman yang akan kita selesaikan. Jika tidak memenuhi target, kita berarti harus memiliki utang yang harus dibayar keesokan harinya. Lakukan ini dengan rutin. Semoga deh tulisanmu segera diterbitkan bukan lagi menjadi kenangan.(*)

 

You might also like

One thought on “Membuat Deadline Untuk Tulisanmu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *