Membangun Personal Branding Bagi Penulis

Personal branding bagi penulis? Emang perlu? Ngapain sih repot-repot membranding diri kita? Kayak kita barang-barang aja. Di era digital kayak sekarang ini, personal branding menjadi hal yang penting bagi profesi apapun. Inget itu! Bahkan seorang penulis sekalipun. Mau tidak mau sebagai penulis kita harus menunjukkan siapa kita di khalayak umum. Jadi begitu nama kita disebutkan maka orang tidak asing dan langsung tahu bahwa kita adalah seorang penulis.

Personal branding bagi penulis adalah sebuah cara agar kita semakin dikenal oleh banyak orang dengan cara menunjukkan “merek” diri kita. Ada baiknya kita simak beberapa cara untuk membangun personal branding kita sebagai penulis.

  1. Identitas. Perkenalkan sebagai penulis di media sosialmu. Tapi tentunya ketika kamu menuliskan dirimu penulis haruslah memiliki karya. Bukan begitu?
  2. Mintalah testimoni. Hal ini dapat membuat kita sebagai penulis makin bisa mendapatkan kepercyaan dan pengakuan dari orang lain.
  3. Bangunlah jaringan. Kenapa kita harus membuat jaringan? Jaringan membuat kita semakin mudah dikenal dan memperbanyak relasi terkait profesi yang kita tekuni.
  4. Konsisten menulis. Ini menjadi hal yang penting dan perlu kita lakukan secara rutin. Menulislah baik di media sosial dan membuat karya. Tekuni pula genre tulisan yang kamu selama ini lakukan.
  5. Harus selalu update. Seorang penulis haruslah memiliki semangat mendapatkan informasi serta memberikan kebaruan bagi para pembacanya. Jangan sampai ketinggalan zaman. (*)

You might also like

2 thoughts on “Membangun Personal Branding Bagi Penulis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *