Wajib Dibaca! Etika Berkirim Email Kepada Penerbit

BAKBUK.ID merasa perlu mengangangkat tema ini karena masih banyak email yang masuk ke redaksi tanpa ada yang memiliki. Jika sampe begitu maka naskah ataupun revisianmu akan dengan senang hati dihapus oleh editor. Berkirim email kepada penerbit adalah langkah awal, kami tim editor menilai keseriusan dan kematangan seorang penulis dalam berkarya. Mulai sekarang, tolong dong diperhatikan cara berkirim email kalian kepada penerbit, termasuk juga BAKBUK.ID.

Sebenernya sih kami tega gak tega buat hapus email kalian tetapi kami harus lakuin. So, biar naskahmu bisa diterima oleh penerbitnya. Ada baiknya kalian memperhatikan tips dan trik dalam berkirim email kepada penerbit di bawah ini. Dicermati ya!

  1. Buatlah email dengan nama aslimu bukan ngalay. Bolehla menggunakan nama pena tetapi juga jangan sampai alay juga. Redaksi seringkali menerima email dengan nama De5IIimo3TZZ. Duhh, pening langsung deh editornya.
  2. Tuliskan subjek di emailmu. Bisa jadi tentang pengiriman naskah revisi, ataupun hal lainnya. Penting sekali ini, jika sampai kosong. Editor pun gak akan tau kalian ingin omongin apa. Inget! Editor bukan tukang ramal ya!
  3. Ada baiknya juga tuliskan hal yang kamu anggap perlu di bagian body email. Sebisa mungkin jangan kosong ya. Biar editor makin paham dengan apa yang dimaksudkan emailmu.
  4. Patuhilah aturan dari penerbit yang ingin kamu kirimi naskah. Baca ulang, kalau perlu kamu print syarat pengiriman naskah. Usahakan mengirim naskah sesuai aturan, setiap penerbit memiliki aturan masing-masing. Pastikan juga naskahmu sudah rapi. Tolong jangan kirim naskah yang paragrafnya masih kayak zig zag, banyak salah ketik, bahkan fontnya dalam bentuk simbol!
  5. Tuliskan biodatamu dengan selengkap mungkin. Ini dia yang biasanya terjadi, ketika penerbit menghubungi penulis kadang-kadang nomor yang diberikan sudah tidak aktif. Kasus lainnya adalah, penulis jarang membuka email padahal aktif di media sosial, kan lucu juga? Yee kaannn…
  6. Jangan pernah melakukan pengiriman naskah yang sama kepada penerbit yang berbeda. Apa yang terjadi jika kalian nekat? FATAL! Kalian bisa dibawa ke ranah hukum dan karir kalian sebagai penulis bakalan tamat. Hargailah waktu yang dibutuhkan oleh editor dalam melihat naskahmu secara keseluruhan. (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *