Langkah Mudah Membangun Kebiasaan Membaca

Udah pada tau belum kalo Indonesia menduduki peringkat bawah terkait minat baca di seluruh dunia? Menyedihkan bukan? Padahal membaca merupakan hal yang wajib kita lakukan sejak kecil. Dalam artikel ini, kita akan ngasih langkah mudah untk membangun kebiasaan membaca. Karena dengan membaca akan memajukan Indonesia. Bukankah begitu?

Sebenarnya membaca tidaklah harus dilakukan oleh penulis saja, semua profesi apapun tetap harus membaca. Banyak sekali alasan yang biasanya muncul ketika kita diharuskan membaca. Ada baiknya kita simak beberapa langkah mudah agar kita memiliki kebiasaan membaca.

  1. Tentukan motif atau tujuan, kenapa kalian ingin membaca suatu tulisan. Motif atau tujuan menjadi hal dasar yang wajib kita lihat terlebih dahulu karena berkaitan dengan keluaran (output) setelah kita membaca. Ada yang ingin menulis, ada yang sekadar pengen tau aja, serta macam-macam motif lainnya.
  2. Carilah buku yang sesuai dengan kesenanganmu. Hal penting selanjutnya adalah menentukan buku apa yang ingin kamu baca. Kuncinya adalah jangan sampai kalian salah beli buku dan akhirnya bukunya malah jadi makanan buat rayap.
  3. Buat target halaman yang ingin kamu capai setiap kali membaca. Target! Itu menjadi langkah yang harus kamu lakukan. Kita harus menantang diri kita menyelesaikan halaman buku yang ingin kita baca.
  4. Temukan tempat terbaik untuk membaca. Setiap orang tentunya memiliki tempat favorit untuk membaca, ada yang di kamar, ruang tamu, beranda atau mungkin di kamar mandi. Intinya buatlah dirimu nyaman dan menyatu dengan ruangan.
  5. Ceritakan hasil membacamu kepada teman. Kenapa kita harus bercerita? Salah satu hasil yang dari membaca adalah adanya transfer pengetahuan. Selain itu juga melatih kita menjadi pencerita yang baik serta mengajak orang lain gemar membaca.

Selamat membaca dan menebar kebaikan.(*)

You might also like

2 thoughts on “Langkah Mudah Membangun Kebiasaan Membaca”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *