Kapan Sih Waktu Terbaik Untuk Menulis?

Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Banyak pula penulis yang sengaja meluangkan waktunya dalam memulai ataupun merampungkan tulisannya. Sebenarnya ada 2 kubu ketika membicarakan waktu terbaik untuk menulis. Ya mirip kayak bubur ayam yang diaduk atau gak diaduk gitu deh.

Kubu pertama menyatakan bahwa waktu terbaik menulis ada pada saat-saat tertentu. Ada penulis yang memiliki ritme menulis di kala pagi hari atau malam hari. Konon, pada waktu itulah kemampuan menulis mereka menjadi sangat berkembang.

Kubu kedua berpendapat bahwa menulis itu bisa dilakukan kapan saja. Tidak mengenal waktu tertentu. Sebenarnya pola ini juga memiliki keunggulan bagi para penulis pemula untuk membentuk kebiasaan menulis.

Pada dasarnya tidak masalah kalian mau ikut geng yang mana. Yang paling penting adalah di setiap aktivitas menulismu, pastikan target halaman setiap harinya terpenuhi. Jangan sampai menulis menunggu mood. Ntar kalo gitu, penerbit juga bakalan nerbitin bukumu sesuai mood mereka, gimana hayo?(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *