Mengenal Prosa (1)

Sobat BAKBUK.ID, kita bakalan bahas prosa. Pada tau gak prosa itu apa? Atau malahan istilah prosa asing bagi kalian semua? Prosa adalah salah satu bentuk tulisan yang memiliki ciri khas bentuknya yang bebas. Kata-kata yang digunakan dalam prosa biasanya memakai kata denotatif. Jikalau pun ada kata-kata yang bersifat kiasan itu adalah hiasan untuk mempercantik tulisan kita saja. Prosa sendiri memiliki 2 jenis yang dikenal di masyarakat, yaitu prosa lama dan baru. Keduanya dibagi berdasarkan zaman dan gaya penulisan yang digunakan.

Prosa lama terdiri dari beberapa jenis tulisan seperti di bawah ini :

  1. Hikayat adalah tulisan fiktif dan tidka masuk akal yang menceritakan tentang kehidupan para dewi, dewa, pangeran, raja, dan lain-lain. Contohnya adalah Hikayat Hang Jebat, Hikayat Raja Bijak, dan lain-lain.
  2.  Sejarah (Tambo)Sejarah adalah tulisan yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa tertentu. Ada dua jenis sejarah, yaitu sejarah sastra lama dan baru. Contoh tulisan berbentuk sejarah adalah Sejarah Melayu yang ditulis oleh Tun Sri Lanang pada tahun 1612.
  3. KisahKisah adalah tulisan-tulisan pendek. Kisah menceritakan tentang cerita perjalanan, pengalaman atau petualangan orang-orang jaman dulu. Salah satu contoh kisah adalah Kisah Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.
  4. DongengDongeng bercerita tentang khayalan-khayalan masyrakat pada zaman dahulu. Dongeng sendiri terdapat beberapa bentuknya, seperti:

    – Myth (Mitos) bercerita tentang hal-hal gaib, contohnya seperti Ratu Pantai Selatan, Dongeng tentang Batu Menangis, Dongeng asal-usul kuntilanak, dan lain-lain.

    – Legenda bercerita tentang sejarah atau asal-muasal terjadinya sesuatu, contohnya seperti Legenda Tangkuban Perahu, Legenda Pulau Jawa, dan lain-lain.

    Fabel bercerita kisah yang tokohnya adalah binatang, contohnya seperti Si Kancil dan Buaya, Si Kancil yang Cerdik, dan lain-lain.

    – Sage bercerita tentang kisah pahlawan, keberanian, atau kisah kesaktian , contohnya seperti Ciung Winara, Patih Gadjah Mada, Calon Arang, dan lain-lain.

    e. Jenaka atau Pandir mengisahkan orang-orang bodoh yang bernasib sial yang sifatnya untuk melucu atau humor, contohnya seperti Dongeng Abunawas, Dongeng Si Pandir, dan lain-lain.

    Bersambung…

     

You might also like

2 thoughts on “Mengenal Prosa (1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *