Tips dan Trik Membuat Dongeng Anak

Tampaknya mimin belum bisa untuk move on dari peringatan hari dongeng kemarin. Mimin kebanjiran pertanyaan. Gimana sih cara buat dongeng anak? Oke dyeehh….BAKBUK.ID akan kasih gambaran singkat membuat dongeng anak. Genre dongeng anak saat ini bisa dikatakan mulai sepi diminati oleh penulis, maka dari itu harus kita bangkitkan kembali.

To the point aja deh, daripada penasaran dengan cara membuat dongen anak, Mimin akan mulai langkah demi langkah buat kalian. Sebenarnya tantangan dalam membuat dongeng anak adalah kita harus mampu membuat cerita yang sederhana dan mudah dipahami. Namun, tetap memancing daya imajinasi anak-anak.

  1. Buatlah tokoh. Pembuatan tokoh bisa haruslah menyesuaikan cerita yang akan kita angkat. Bisa saja rekaan atau nyata. Maka pertimbangkan dengan matang tokoh yang akan kita buat.
  2. Saatnya menyusun setiing, alur cerita, konflik dan ending cerita. Langkah kedua setelah membuat penokohan adalah kita harus membuat kerangka dongeng secara keseluruhan. Tujuannya agar cerita kita berada di jalur yang tepat.
  3. Tuliskan ceritamu! Jika semua persiapan sudah dilakukan. Kamu harus segera untuk menuliskannya dalam cerita. Jangan menunggu sampai kamu merasa kerangka dirasa sempurna. Tuliskan dan kamu akan mengetahui salahnya di mana.
  4. Beranilah untuk berkolaborasi. Menulis dongeng tentu saja akan lebih mantap dan joss, ketika ada ilustrasi yang menyertai. Jika memang kamu tidak bisa membuat ilustrasi maka jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada temanmu.
  5. Koreksi tulisanmu sekali lagi. Pastikan tulisanmu tidak ada salah ketik dan hal teknis lainnya.

Setelah semuanya kamu penuhi, saatnya terbitkan naskah dongeng anakmu!(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *