Saatnya Mengedit Naskah Sendiri (2)

Udah pada nunggu belum kelanjutan cara buat mengedit naskah sendiri. Ini adalah bagian terakhir tentang cara mengedit naskah. Simak baik-baik ya, jangan lupa dipratekkan ya gaess. Langsung aja deh mimin terusin caranya.

Tahapan yang dapat dilakukan untuk mengedit naskah sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan pengecekan konten untuk terakhir kalinya. Pastikan naskah yang kamu kirim tidak mengandung konten yang melanggar ketentuan penerbit. Jangan sampai mengandung isu SARA dan sebagainya.
  2. Lihat kembali penggunaan tanda baca, salah ketik dan hal teknis lainnya. Penulis yang baik adalah penulis yang mau dan mampu menemukan kesalahan yang ada pada tulisannya. Gak mau kan naskahmu ditolak karena banyak salah ketik?
  3. Buatlah judul yang keren. Tulisan yang keren akan lebih keren jika sang penulis mampu menyampaikan intisarinya dalam judul yang singkat, padat dan jelas.
  4. Buatlah sinopsis sebaik mungkin. Sinopsis adalah bagian akhir dari sebuah penulisan. Sinopsis yang baik adalah sinopsis yang tidak membuat editor. Jadi, gak ada salahnya kan kita mengedit naskah sendiri.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *