Saatnya Mengedit Naskah Sendiri (1)

Pengen tau biar naskahmu bisa diterima oleh penerbit? Kuncinya adalah kurangi tingkat kesalahanmu! Naskah yang baik adalah naskah yang minim jumlah salahnya. Berikut akan mimin bagikan cara untuk mengedit naskah sendiri. Dan editor yang nerima naskahmu bakal bahagia dan semoga deh naskahmu diterima.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat naskahmu menjadi lebih dapat dilihat pada paparan di bawah ini :

  1. Periksa susunan dan kelengkapan naskah. Ini adalah penyakit yang sering melanda penulis. Biasanya tanpa memperhatikan daftar isi, kata pengantar dan bahkan sinopsis. Langsung aja ngirim ke email redaksi penerbit. Padahal kan beda-beda persyaratannya.
  2. Perhatikan gaya bahasa yang digunakan. Gaya bahasa juga memiliki peranan agar naskah kita bisa diterima oleh penerbit. Yang Jelas harus punya ciri khas.
  3. kembangkanlah idemu. Ide yang mendasari cerita tentunya harus kamu kembangkan. Jangan sampai terkesan hampa dan mudah ditebak gaess.
  4. Cek kembali paragraf dan kalimat. Ini bagian yang menuntut ketelatenanmu sebagai penulis. Kalimat yang digunakan haruslah jelas. Paragraf juga tak boleh terlalu panjang dan bertele.

Gimana? Udah berani belum mengedit naskah sendiri?(*)

You might also like

One thought on “Saatnya Mengedit Naskah Sendiri (1)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *