Kenali Psikologi Warna untuk Sampul Bukumu (2)

Gimana gengss BAKBUK.ID sudah baca yang part 1 belum? Nah kalo belum, baca dulu deh biar gak bingung baca bagian yang ini. Kembali lagi kita bahas tentang psikologi warna untuk sampul buku (non fiksi). Gak usah pakai lama, kita akan bahas sampai tuntas di bagian 2 ini gengs.

  1. Hijau. Warna yang sangat sering kita jumpai di alam. Makna dari warna hijau adalah ketenangan, keseimbangan, dan harmoni. Hijau memiliki korelasi dengan perkembangan. Sehingga sampul buku dengan warna hijau tepat untuk buku kesehatan, kejiwaan, dan emosi.
  2. Hitam. Warna ini dilambangkan sebagai warna yang membawa kemerdekaan, keseriusan, kecanggihan, dan pengendalian. Namun, warna hitam juga memiliki makna lainnya, yakni depresi, kematian, misteri, dan duka. Ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan warna ini, karena sifatnya yang “mati”.
  3. Putih. Putih mencerminkan kemurnian, kedamaian, kebersihan, dan kesederhanaan. Selain itu, putih juga merepresentasikan permulaan baru dan penyegaran ide baru. Jikalau buku kalian memiliki keterkaitan dengan hal tersebut. Bolehlah memilih warna putih.
  4. Pink atau merah muda. Warna ini mencerminkan kelembutan, kasih sayang, feminim, romantisme, perhatian, harapan, empati, dan pengertian. Untuk itulah, pink sering digunakan untuk sampul buku-buku yang ditujukan untuk buku dengan tema kaum hawa.
  5. Cokelat. Cokelat adalah warna yang melambangkan keamanan, perlindungan, dan kepemilikan. Warna ini juga melambangkan kerendahan hati, kematangan, dan ketahanan. Sayangnya, warna cokelat memiliki kelemahan yaitu terkesan membosankan dan kaku. (*)
    .

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *