Tips Dahsyat Menulis Opini

Menulis opini merupakan salah satu bentuk eksistensi kita dalam berkarya. Ketika menulis opini kita dituntut untuk menulisnya dengan singkat, padat dan jelas.BAKBUK.ID akan mengupas mengenai cara menulis opini agar dapat dimuat di berbagai media.

Menulis opini itu memang membutuhkan sebuah latihan terus menerus. Ada beberapa hal yang bisa dapat dilakukan untuk menulis sebuah opini. Marilah dengan seksama kita pelajari bersama-sama. Biar kalian gak sendirian gengs.

  1. Pahami isu terkni. Kunci dasar alias pondasi sebelum menulis opini adalah kemauan kita untuk membaca tulisan terkait dengan isu yang akan kita angkat. Jangan sampai pembahasan kita melenceng jauh dengan isu yang akan kita angkat.
  2. Gunakan piramida terbalik. Menulis opini menggunakan sistem piramida terbalik. Kita mulia dengan cara memaparkan hal yang bersifat umum kemudian ke hal yang bersifat khusus (solusi).
  3. Pergunakan kalimat yang singkat. Menjadi hal yang penting ketika menulis opini, kita harus menggunakan kalimat yang ringkas bukan malah bertele-tela.
  4. Tunjukkan keberpihakan kita. Menulis opini pada intinya adalah menunjukkan gagasan sekaligus sikap kita terhadap sebuah fenomena. Hindari jadi penulis opini yang menggantungkan tulisanmu. Emang kayak hubunganmu aja.
  5. Pilih dan pelajari tipikal media yang akan kamu kirimi naskah. Tips terakhir adalah jangan sampai salah mengirimkan naskah ke media. Karena setiap media memiliki ciri khas masing-masing.

Salam literasi dan selamat menginspirasi!(*)

You might also like

2 thoughts on “Tips Dahsyat Menulis Opini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *