Rahasia Agar Buku Laris!

Setelah bukumu terbit, tugas selanjutnya adalah membuat bukumu dikenal di pasaran. Tentu sebagai penulisĀ  akan merasa bangga dan bahagia ketika hasil perjuangan kita berhasil diterima oleh pembaca. Lalu gimana sih cara membuat buku laris? Seharusnya di era yang serba digital ini, tantangan untuk menjadikan buku kita dikenal di pasaran akan lebih mudah dibandingkan masa lalu. Ya begitulah masa lalu, kadang bikin sakit hati tapi kadang juga ngangenin. šŸ™

Kembali lagi ke masalah biar buku laris dan kalian juga bisa mendapatkan hasil yang sepadan. Kira-kira selama ini apa yang telah kalian lakuin biar buku kalian laris di pasaran? Kalian pasrahin aja ke penerbit? Atau kalian juga aktif ngejualin? Biar makin yahud jualan buku kalian,Ā BAKBUK.IDĀ kasih tips. Jangan sampai bukumu hanya berakhir dengan tragis.

Tips yang pertama adalah buatlah tema yang menarik. Mengapa harus dibuat tema yang menarik? Hati yang bakalan kalian luluhkan adalah penerbit dan editor. Jika kalian bisa meluluhkan hati mereka maka setengah perjalanan menuju tangga kesuksesan sudah kamu tapaki.

Yang kedua, riset yang mendalam dan sabar. Sebuah tema yang menarik pastilah akan didapatkan dari sebuah olah pikir yang mendalam. Menjadi penulis adalah periset yang baik, seperti memahami gebetan kita. Kita harus tahu betul tulisan yang akan kita tulis nantinya. Data yang kita kumpulkan adalah kekuatan tulian dalam buku kita. Jadi, nikmatilah riset untuk bukumu.

Ketiga, buatlah sebuah teknik penulisan yang baik, Selain menjadi periset yang baik, penulis adalah pencerita yang baik. Tantangan alias roh dalam sebuah buku adalah di sini. bagaimana menyampaikan ide kita secara apik kepada khalayak umum. Sebuah data yang bagus akan menjadi hangus jika kita menulisnya dengan ngawur gengss.

Keempat, promosikan bukumu. Seperti mimin pernah bilang sebelumnya, penulis zaman now merangkap sebagai marketing bagi bukunya sendiri. Jika hanya diam saja, ya wajar saja kalau bukunya akan berakhir di gudang dan dimakan tikus. Kan syedihhh…maksimalkan platform digital yang murah atau bahkan gratis buat promosiin bukumu.

Semoga apa yang mimin berikan ini bermanfaat bagi kalian para pejuangĀ literasi! (*)

You might also like

One thought on “Rahasia Agar Buku Laris!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *