Rahasia Merawat Buku!

Sebagai penulis tentunya kita harus banyak membaca buku. Seberapa banyak sih buku yang kalian miliki gengs? Satu rak? Banyak rak? Atau malah berserak? Tak mengapa gengs, BAKBUK.ID bakalan kasih rahasia untuk merawat bukumu biar menjadi kinclong dan tahan lama. Karena buku adalah investasi ilmu gengss…..

Ada beberapa tips yang perlu kalian lakukan untuk merawat buku. Langkahnya sederhana kok, tinggal niat saja yang kita butuhkan. Jangan sampai buku yang kita beli hancur dimakan rayap atau bahkan berujung di tempat sampah. Sedih kan? Kita simak yuk tipsnya :

  1. Belilah rak kayu. Rak kayu menjadi hal yang penting dalam menata bukumu. Selain bisa digunakan sebagai tempat menyimpan buku. Rak juga dapat dipakai sebagai penghias ruangan. Multi fungsi kan?
  2. Sampuli bukumu! Jangan biarkan bukumu tak bersampul plastik, akibatnya sangat bahaya. Bukumu bisa terkena noda dengan mudah. Bisa juga tergores. Sebagai cara awal untuk melindunginya gunakan sampul plastik.
  3. Letakkan bukumu dalam keadaan berdiri. Berdiri? Emang buku punya kaki? Gini lho gengs, buku yang kamu beli jangan ditumpuk aja. Buku juga butuh “bernafas”, jadi berikanlah dia udara agar tidak lembab.
  4. Taruhlah kapur barus di sekitar tempat penyimpanan buku. Buku itu kesukaan rayap dan kroninya. Jadi, taruhlah kapur barus atau kamper biar mereka pada takut dan kabur. Tapi jangan terus mereka kalian suruh makan kayu di rumah kalian ya…
  5. Bersihkan bukumu dan atur ulang tata letaknya secara rutin. Sebagai penutup rahasia merawat buku. Kita harus sering membersihkan buku dan mengatur tata letaknya. Ini sebagai upaya untuk melakukan pengecekan terhadap koleksi kita sekaligus memberikan pandangan mata kita yang berbeda. Selamat mencoba ya gengs.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *