Membuat Judul Buku Agar Diterima Penerbit

Sebagus apapun tulisanmu, jika gagal menentukan judul maka semuanya akan sirna usahamu. Sebuah buku yang baik tentunya memiliki judul yang berdaya jual. Membuat judul buku, yaa bisa dibilang gampang-gampang susah. Tenang saja, BAKBUK.ID bakal kasih kalian tips yang cetar membahana untuk membuat judul bukumu diterima oleh penerbit.

BAKBUK.ID akan kasih kalian semua tips membuat judul buku. Mari kita baca satu per satu tips yang sudah dibuat oleh redaksi :

  1. Buat judulmu spesifik! Penting bingits ini buat jadi pedoman kalian ketika membuat judul. Buatlah judul yang kalian tulis memiliki spesifikasi khusus. Misalnya, kereta api di Indonesia, cara memasak ayam tanpa api, dan seterusnya. Ketika bukumu dijual di pasaran, pembaca dengan mudah akan menemukannya. Jangan sampai bikin buku masakan malah judulnya masuk ke kategori peternakan.
  2. Buatlah beberapa alternatif judul buku. Sebagai penulis, jangan sampai kita hanya berpatokan kepada satu judul saja. Kita harus fleksibel agar tulisan kita lolos dari meja redaksi dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Beberapa alternatif judul membuat kita lebih bisa membangun diskusi dengan editor buku kita.
  3. Berikan power words. Cara menjual bukumu yang lain dengan cara memberikan power words. kata-kata yang mampu memberikan sugesti bagi calon pembaca. Kata-kata tersebut antara lain adalah mudah, sederhana, trik, rahasia, jitu dan sebagainya. Misalnya, jitu mendapatkan restu calon mertua.
  4. Padukan dengan warna yang serasi. Setelah judulmu selesai, mulailah bayangkan warna sampul untuk judulmu. Jangan sampai judulmu tulisannya putih, warna sampulmu juga putih. Hancur sudah! Ada teori psikologis bahwa warna juga berpengaruh kepada rangsangan otak kita. Sehingga ada baiknya kita benar-benar memikirkan warna sampul dan tulisan pada judul.
  5. Minta masukan kepada teman. Ingat, teman adalah pembaca pertama kita. Anggap saja mereka adalah calon konsumen yang akan membeli buku kita. Semakin banyak teman yang kita punya semakin bagus. Mulai dari teman sekolah, teman main, teman tapi mesra, atau teman ketemu gede. Semuanya bolehlah kita mintai pendapat.
Yups, itu tadi tips membuat judul bukumu agar diterima penerbit. Semisal naskahmu sudah ada judul dan sampulnya BAKBUK.ID siap menerbitkannya. Karena buku adalah kita. Salam hangat…(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *