Tips Aman dari Gempa Bumi

Sebelum memulai tulisan ini, BAKBUK.ID mengajak sahabat semua untuk memberikan doa dan semangat bagi saudara kita yang sedang terdampak gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu. Hingga saat ini, gempa bumi merupakan ancaman yang belum bisa diprediksi seperti halnya ancaman yang lain seperti banjir, erupsi, maupun longsor. Apalagi Indonesia berada di kawasan yang memiliki tingkat pergerakan tektonik yang sangat aktif. Kita tetap harus bersimpati kepada korban yang terdampak, tetapi juga kita harus waspada dalam menghadapi gempa bumi.

Berikut ini adalah beberapa tips dari BAKBUK.ID untuk mempersiapkan diri menghadapi gempa bumi :

  1. Siapkan rute evakuasi! Ketika gempa bumi, bukan tidak mungkin jaringan listrik, telepon dan lainnya akan terputus. Maka ketika kita berada di mana saja, pahami lingkungan yang kita datangi. Pastikan kita tahu sedang berada di mana dan mengetahui pintu keluar terdekat.
  2. Berlindung di tempat yang aman. Dalam hal mencari perlindungan, kita dapat bedakan menjadi 2. Di dalam ruangan dan di luar ruangan. Jika kebetulan sedang berada di dalam ruangan. Tak usah panik berlari keluar, carilah meja atau benda keras lainnya yang mampu melindungi organ vital. Setelah goncangan selesai, barulah keluar. Skenario kedua, jika berada di luar ruangan. Segeralah cari lapangan ataupun tempat yang luas. Lindungi bagian kepala.
  3. Pantau informasi yang valid terkait gempa bumi. Era digital membuat terjadinya banhir informasi di mana-mana. Kita harus mampu membedakan mana yang valid atau tidak. Pastikan kita mengikuti akun informasi dari lembaga yang valid. Selain itu, tak ada salahnya jika kita memiliki HT untuk memantau kondisi dengan memaksimalkan gelombang radio.
  4. Siapkan family kit. Setelah terjadinya gempa bumi, tidak menutup kemungkinan semua akan terputus. Kita harus menyediakan family kit. Isinya adalah untuk makanan dan peralatan yang bisa digunakan untuk bertahan hidup selama beberapa hari ke depan. Pastikan semua berada dalam satu tas, agar mudah dibawa kemana-mana. Biasanya berisikan makanan, senter, dan P3K.

Semoga tips singkat ini bisa menambah literasi mengahdapi ancaman gempa bumi. Cara terbaik untuk menghadapi alam ini adalah dengan cara mawas diri. Salam tangguh bencana!(*)

You might also like

One thought on “Tips Aman dari Gempa Bumi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *