Ini Dia Cara Pendaftaran CPNS Online 2018!

Tanggal 26 September kemarin, portal sscn.bkn.go.id resmi dibuka. Para pemburu lowongan menjadi abdi negara pun saling berebut untuk mendaftar. Tetapi tahukah kalian gengs, syarat apa saja yang dibutuhkan ketika melakukan pendaftran CPNS online 2018? Jangan sampai ketika kalian udah bisa login tapi belum siap syaratnya. BAKBUK.ID berusaha memberikan “rahasia” membuat akun dan mendaftar di instansi pilihanmu.

Pendaftaran CPNS online 2018 tahun ini hanya bisa dilakukan pada 1 instansi saja, sehingga kalian harus benar-benar bisa menentukan di posisi dan instansi mana kalian menetapkahn pilihan. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk dapat melakukan pendaftaran online sebagai awal sebelum menempuh TKD dan TKB genggss. Udah siap?

  1. Carilah informasi selengkap mungkin mengenai lowongan dan jurusan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu. Gengsss…ini penting banget, walaupun yang dibutuhkan (mungkin) semua jurusan, pastikan mendaftar sesuai dengan ijazah dan tingkat pendidikanmu. Jangan asal memasukkan lamaran. Efeknya, kamu bisa jadi gak bakal lolos seleksi administrasi.
  2. Pilihlah menu registrasi. Sebelum mendaftarkan diri kalian ke instansi, lakukan pendaftaran dulu di bagian registrasi agar bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Jadi, jangan terburu-buru login.
  3. Siapkan NIK dan Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Langkah ketiga ini menjadi kunci dalam mendaftarkan akunmu ke laman sscn.bkn.go.id. Pastikan NIK dan nomor Kartu Keluarga masih aktif. Jika mengalami kendala terkait NIK segera hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipili di kabupaten atau kota tempat NIK tersebut diterbitkan.
  4. Isi biodata awal. Setelah berhasil melakukan login, isilah biodata dengan lengkap dan teliti. Sekali mengisi biodata maka data tak bisa diubah. Jangan tergesa-gesa, pastikan semuanya benar! Oya, siapkan foto dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb.
  5.  Langkah terakhir, cetak kartu informasi akun sscn 2018. Jangan menggunakan smartphone ketika melakukan pendaftaran, gunakan pc atau laptop dan jaringan stabil.
Semoga sajian singkat ini bisa membantu kalian gengss yang ingin jadi ASN tahun ini. Jangan lupa perbanyak literasi biar ujian yang kalian hadapi esok bisa menghasilkan yang terbaik.(*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *