Cara Jitu Buat Blurb Bukumu!

Ada yang tau apakah blurb itu? Jangan-jangan malah baru pada denger kata tersebut ya? Padahal blurb itu penting banget buat bikin bukumu laku di pasaran dan mempengaruhi orang untuk membaca karyamu. BAKBUK.ID kasih tau nih, blurb itu adalah ringkasan yang berada di belakang buku (back cover). Selama ini banyak penulis abai dengan blurb untuk membuat buku.

Blurb adalah sebuah media promosi yang penulis harus pahami, jangan sampai ada calon pembeli setelah melihat sampul belakang bukumu lantas dibalikin lagi ke rak buku. Penasaran gimana cara bikin blurb yang bisa bikin bukumu dbeli orang?

  1. Buatlah dalam beberapa kalimat yang menarik dan singkat. Penulis kadang kala memiliki kebiasaan untuk membuat sebuah tulisan menjadi panjang. Inilah yang harus dihilangkan ketika menulis blurb, perlu diingat bahwa blurb bukanlah sinopsis. Blurb adalah sebuah cara untuk menjual bukumu!
  2. Carilah testimoni tentang karyamu. Sebuah testimoni juga berpengaruh kepada minat beli para pembaca. Saran dari BAKBUK.ID, carilah testimoni dari orang yang memiliki pengaruh atau yang mendukung jenis tulisanmu.
  3. Banyaklah membaca blurb dari penulis lainnya. Yang terakhir ini penting dilakukan, selain menghindari plagiasi. Membaca blurb dari penulis lain bisa memberi gambaran sekaligus imajinasi bagi blurb di sampul belakangmu.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya gengss, karena penulis yang baik akan meringankan beban editor. Segera bikin blurbmu dan dapatkan royaltimu bersama BAKBUK.ID!

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *