Apa Saja Sih Tugas Editor Buku?

Editorku galak! Kadang-kadang itu yang dialami para editor ketika mendapatkan tanggapan dari penulis. Tapi tak apa-apa, itu emang itu sih risiko jadi editor. BAKBUK.ID pun seringkali mendapatkan kalimat seperti itu. Padahal tugas editor itu membuat tulisan para penulis menjadi semakin enak dibaca dalam deadline yang singkat. Pengen tau gak, kira-kira editor buku itu ngapain aja sih kalo di penerbitan.

Ada baiknya deh disimak, biar pada tau kenapa sih kadang-kadang naskah kalian lama di meja editor. Berikut ini BAKBUK.ID bakalan kasih sedikit rahasia kerjaan para editor di balik karya hebat seorang penulis :

  1. Editor itu juga berburu naskah. Nah, sekarang udah tau kan. Tugas dari seorang editor tak melulu mengedit dan membuat naskahmu makin enak dibaca. Mereka juga harus berjuang mencari naskah agar penerbit tersebut memiliki naskah yang diterbitkan setiap bulannya. Jadi, selain berada di balik meja, sang editor juga harus berburu naskah di lapangan. So, keren juga kan jadi editor.
  2. Menyeleksi naskah yang masuk ke meja redaksi. Menjadi seorang editor bertugas pula sebagai “penjaga gawang” terhadap semua naskah yang masuk ke penerbit. Naskah yang memenuhi syarat dan tidak melanggar etika umum tentu akan dipertimbangkan untuk diterbitkan. Sebagai editor, mereka tak boleh sampai kebobolan membiarkan naskah yang berbau SARA dan tak sesuai kaidah umum dikonsumi publik. Berat juga kan jadi editor?
  3. Menyunting naskah yang layak terbit. Setelah mendapatkan naskah yang layak diterbitkan, editor akan bergegas melihat naskah tersebut dan mengeditnya. Ia akan mencari salah ketik, ejaan, kata tak baku, kalimat yang rumpang dan sebagainya. Jadi mulai sekarang jika ingin mengurangi beban editor, biasakan untuk mengecek tulisan sebelum dikirimkan ke penerbit. Perlu diingat, editor itu adalah orang yang mengedit tulidan, bukan menulis tulisan!
  4. Mengecek hasil setelah di layout dan membuat kata-kata di back cover. Tugas terakhir sebelum buku diluncurkan untuk umum adalah membuat blurb alias kata yang berada di sampul belakang. Hal ini untuk menunjang pemasaran buku kalian gengs. Jika blurb yanggagal, maka buku pun akan tidak laku di pasaran.
  5. Membantu memasarkan buku kalian gengs. Editor masa kini adalah editor yang harus mampu multi tasking. Setelah bukumu sah dan meyakinkan dijual di pasaran. Editor pun gak bisa diem aja, ia juga harus berjuang agar buku kalian laku di pasaran. Termasuk juga bagi para penulis  pemula, editor harus dengan giat menjual buku kalian.

Udahkah kalian menyapa editor kalian hari ini?(*)

You might also like

5 thoughts on “Apa Saja Sih Tugas Editor Buku?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *