Ini Lho Cara Dapetin Ide Menulis Buat Kamu

Sebuah tulisan pastilah berasal dari ide. Dan, tidaklah mudah untuk mendapatkan sebuah ide. Para penulis pun harus memeras otak dalam menemukan ide. Padahal sebenarnya banyak ide yang berkeliaran di sekitar kita. Namun kita biasanya kurang peka untuk menangkapnya. Ide menulis sebenarnya hampir sama dengan ide yang lainnya, semisal ide buat nembak gebetan atau mungkin lupain mantan. Yang penting kita berani melakukan ide tersebut.

Di kesempatan yang bahagia ini, karena barengan sama pendaftaran CPNS 2018, BAKBUK.ID bakal kasih cara jitu biar ide menulis kamu bisa cepet ditemuin dan disamber sama penulis lain. BAKBUK.ID bakalan kasih kalian bocoran tentang ide menulis. Simak baik-baik dan boleh lho buat dicoba. Siapa tahu novel kamu bakalan laris manis gengss…

  1. Awalilah dengan membaca apapun. Penyakit yang biasa membuat penulis gak punya ide ketika mau menulis adalah kurangnya minat baca. Sehingga ia kebingungan dengan ide untuk tulisannya. Jadi sebelum jadi penulis yang baik, jadilah pembaca yang baik!
  2. Menonton film, acara televisi, dan mendengarkan musik. Kegiatan ini sangat memungkinkan kita untuk mendapatkan ide dari sebuah cerita. Misalnya penokohan, alur atau bahkan mengutip lirik lagu yang kita sukai dan dimasukkan ke dalam tulisan kita. Ya kan?
  3. Berdiskusi dengan teman, baik di dunia nyata ataupun maya. Diskusi dengan teman-teman sangat membantu dalam bermain sudut pandang. Kita bisa jadi tahu banyak tentang pendapat teman-teman terkait fenomena tertentu atau ide tulisan kita. Yang penting jangan diskusi dengan teman dari dunia lain, hiiii…
  4. Menulislah dari yang kamu sukai. Ini dia hal yang penting, kadang-kadang penulis pemula bingung mencari ide buat tulisannya. Bahkan harus mencari ide sampai bersemedi berapa tahun lamanya. Sebenarnya tulisan yang bauik adalah tulisan yang mampu jujur dan mengalir, setidaknya itu akan melatih kita menemukan gaya tulisan kita.
  5. Jangan lupa istirahat! Ada saatnya kita memeras pikiran untuk ide tulisan, tapi ada waktunya juga untuk mengistirahatkan otak kita. Siapa tahu di dalam tidur kita dapat wangsit malah bisa jadi ide kan?

Sekiranya itulah yang bisa BAKBUK.ID berikan di hari ini, semoga segera menemukan ide. Syukur-syukur menemukan ide menaklukan calon mertuamu.(*)

You might also like

One thought on “Ini Lho Cara Dapetin Ide Menulis Buat Kamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *