5 Hal Yang Bikin Mood Menulis Makin Kece

Menulis kadang membawa kita kepada kebosanan, maklum saja menulis bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ramai. Menulis merupakan kegiatan menempuh jalan sunyi. Lalu ketika mood menulis menjadi hilang, apakah kita harus berhenti menulis? Tentu tidak! Walaupun mood hilang, kita tetap harus menyelesaikan naskah yang kita mulai.

BAKBUK.ID memiliki beberapa tips yang bisa membuat mood menulis makin kece dan  tentunya lebih produktif dalam menelurkan karya. Boleh dong simak, cara membangkitkan mood menulis ketika kamu sedang berkarya :

  1. Persiapkan bahan untuk menulis secara lengkap. Sebagai penulis kita tentu harus bisa menerapkan disiplin terhadap diri sendiri. Kita harus benar-benar menyiapkan bahan untuk menulis secara lengkap, jangan sampai ketika menulis kitra malah kelabakan mencari bahan yang berserak di mana-mana.
  2. Tentukan waktu terbaik untuk menulis. Beberapa penulis menganut paham ini. Ada penulis yang memiliki waktu emas berkarya ketika pagi, tapi ada pula yang di malam hari. Semua ini bergantung kepada kita dalam menemukan feel yang tepat untuk menulis.Jadi, tentukan waktu terbaik menulismu.
  3. Buat rileks pikiranmu! Ketika pikiran kita merasa santai maka tulisanmu pun akan dengan mudah mengalir seperti air terjun. Untuk mencapai rileks, kita bisa melakukan hal yang kita senangi. Misalkan menulis ditemani dengan kopi, mendengarkan lagu yang kita sukai atau juga bisa dengan menonton film dahulu.
  4. Ubah desain tempat kerjamu. Ada baiknya kita secara rutin mengganti tata letak atau mengubah dekorasi tempat biasanya kita menulis. Sehingga mata pun menjadi tak jenuh dalam melihat lingkungan sekeliling, bahkan bisa menimbulkan ide baru untuk tulisan berikutnya. Pantas dicoba!
  5. Cobalah menulis menggunakan media yang lain. Nah, tips terakhir ini juga perlu kita coba deh. Jika selama ini biasanya menulis menggunakan laptop atau gawai. Suatu saat bisa dicoba menggunakan kertas atau buku. Akan ada keseruan lain ketika melakukan coretan dengan tangan kita.

Demikian tadi tips kece badai dari BAKBUK.ID semoga tuisan kalian menjadi segera selesai ya gengs. Entah itu cerpen, puisi, novel atau yang lainnya. Dan, jangan gunakan mood sebagai alasan tulisanmu gak jadi dikirim ke penerbit.(*)

You might also like

One thought on “5 Hal Yang Bikin Mood Menulis Makin Kece”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *