Mengatasi Writer’s Block

Pernahkah mengalami writer’s block? Ataukah sedang mengalami writer’s block? Sebagai penulis, kadang writer’s block menjadi ketakutan yang membuat naskah menjadi terbengkalai. Duh, jangan sampai deh naskah udah ditunggu penerbit malah jadi berantakan. Jangan khawatir, BAKBUK.ID kasih tips buat mengatasi writer’s block.

Ada beberapa hal yang bisa dilakuin buat mengatasi writer’s block :

  1. Menulislah sesuka hatimu, lupakan dulu mengenai EYD dan hal teknis lainnya. Menulislah dengan gayamu sendiri dan bebaskan pikiranmu.
  2. Segarkan pikiran dan otak, keluarlah dan carilah udara segar. Gerakkan badan agar aliran darah kembali lancar. Hal ini membuat tubuh dan otak akan kembali ke kondisi prima.
  3. Jangan lupa siapkan air minum. Nah, ini dia yang penting. Walau hanya sekadar air putih namun air dapat membantu kita untuk memperoleh kesegaran dan melancarkan aliran darah. Jangan sampai kita malah dehidrasi!
  4. Buatlah lingkungan kerja yang nyaman. Lingkungan juga mendukung dalam kelancaran kita untuk menulis. Jadi, ada baiknya kita juga secara periodik mengubah lingkungan kerja kita.
  5. Temui teman dan bercandalah. Kadang inilah yang membuat kita akan kembali segar, teman adalah sumber inspirasi sekaligus tempat berbagi. Merekalah yang menjadi pembaca pertama kita, entah itu tulisan cerpen , novel, puisi, dan sebagainya. Sudah sepantasnya kita menjadikan teman sebagai orang yang berjasa bagi karya kita.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu kalian untuk mengatasi writer’s block, selamat berkarya dan maju terus penulis muda Indonesia! (*)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *