Berkolaborasi Demi Literasi

Beberapa waktu lalu BAKBUK.ID,mendapatkan  kolaborasi yang ciamik dengan salah satu komunitas literasi yang ada di kota Yogyakarta. Komunitas Kawan Bercerita, begitulah mereka menamai dirinya. Bak gayung bersambut. BAKBUK.ID yang waktu itu sedang ingin melakukan program berbagi literasi mendapatkan komunitas yang peduli dengan literasi anak-anak hingga usia remaja. Akhirnya, kami pun memutuskan untuk bekerja sama.

Kebetulan saat itu, Kawan Bercerita sedang memiliki program literasi di salah satu kampung di wilayah Yogyakarta. Pada saat itu, teman-teman dari Kawan Bercerita melakukan pendampingan terkait pementasan teater anak dalam rangka menyambut sebuah even yang diadakan oleh pemerintah setempat. Sungguh sangat membahagiakan dan membangggakan bagi kami. Karena dari pihak Kawan Bercerita meminta kami untuk mengambil bagian dalam pendampingan tersebut. Sebuah tantangan yang tentu harus kami terima.

Kolaborasi pun terjalin sangat apik, pihak warga, Kawan Bercerita, dan tentu saja dari BAKBUK.ID menjalankan tugas masing-masing. Kebetulan sekali, kami diberikan tugas untuk membimbing membuat skenario dan melatih anak-anak yang akan tampil. Tentu hal ini tak mudah dilakukan, karena kami harus menyatukan frekuensi satu sama lain. Hampir 2 minggu lamanya, kami semua berjibaku dengan latihan dan menyiapkan properti. Berbagai dinamika telah kami lalui bersama, susah, senang, marah bahkan tangisan pun menjadi penghias perjalanan kami.

Hari yang dinanti pun tiba, anak-anak yang merasakan pementasan untuk pertama kalinya, tentu merasa sangat grogi. Banyak tingkah aneh yang mereka lakukan demi mengurangi rasa takut mereka. Sungguh menjadi kenangan tersendiri jika mengingat polah mereka. Pembawa acara akhirnya memannggil anak-anak itu untuk segera pentas di atas panggung. Dan, mereka dengan luar biasa mampu menaklukan berbagai kendala teknis yang dihadapi. Pengorbanan tidak akan mengkhianati hasil. Mereka berhasil menyabet juara 2.

Melalui tulisan ini pula, BAKBUK.ID mengucapkan terima kasih kepada Co-Founder Kawan Bercerita yang ternyata dikomandani seorang perempuan luar biasa bernama Dharazatun Zazila. Sosok baru lagi muncul sebagai perempuan pejuang literasi . Kawan Bercerita dan BAKBUK.ID memiliki harapan besar bagi bangsa ini agar melek literasi, apalagi hari ini juga bertepatan dengan hari Aksara Internasional. Jangan pernah takut membaca dan menaklukan dunia! (*)

*). Jika berminat kerja sama dengan Kawan Bercerita bisa follow IG : @kawanbercerita

You might also like

5 thoughts on “Berkolaborasi Demi Literasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *