13 Jurus Jitu Jadi Penulis Pemula

Suatu kesempatan yang baik akhirnya dapat bergabung di satu lagi lingkaran positif ini. ya, BAKBUK.ID adalah suatu platform yang dibentuk oleh anak muda yang merasa masih ada ketimpangan dalam dunia literasi di Indonesia sehingga mereka kemudian menemukan BAKBUK.ID sebagai solusi yang baik untuk mewadahi penulis muda maupun membantu penulis dan pembaca untuk menemukan hal menarik dalam dunia literasi yaitu lewat penuualan buku, meningkatkan semangat membaca dan menulis.

Awalnya saya mendapatkan info akan ada kelas menulis bersama BAKBUK.ID ini dari instagram. Karena saya termasuk salah satu follower yang juga cukup mengikuti postingan yang di upload di instagram sehingga ketika ada postingan mengenai diadakannya kelas menulis maka saya antusias untuk mengikuti.

Menjadi penghuni baru di kota Yogyakarta secara otomatis saya belum menguasai jalan di kota Yogyakarta ini. dengan berbekal smartphone, saya kemudian menekan tombol HP untuk memesan ojek online untuk mengantarkan saya ke lokasi kegiatan belajar menulis akan diadakan. Namun ternyata, saya salah memilih lokasi sehingga saya sempat nyasar hingga ke kabupaten Bantul dan harus kembali untuk mencari alamat yang sebenarnya. Alhamdulillah walau sempat nyasar, tidak mengurangi semangat saya untuk mengikuti kelas menulis secara offline untuk pertama kalinya ini.

Kesan yang pertama yang saya dapatkan ketika sampai di lokasi kegiatan adalah ramah, dan sederhana. Pemateri yang juga termasuk co – founder BAKBUK.ID sangat ramah dan mudah mencairkan suasana sehingga kami peserta pun merasa enjoy untuk mengikuti kelas menulis ini.

Baiklah, berikut akan saya bagikan kiat menulis ala BAKBUK.ID :

  • Pastikan kamu sudah mengumpulkan niat dan konsistensi

Karena kalau tidak niat, maka akan sulit menyelasaikan suatu tulisan yang sudah kita rencanaka

  • Temukan ide yang unik

Mulailah menulis dari hal – hal yang kamu sukai. Apa saja, yang penting hal yang kamu sukai. (seperti memasak, menyanyi, traveling, dll).

  • Tentukan jenis tulisanmu (tulisanmu mau dalam bentuk fiksi atau nonfiksi)
  • Buatlah konsep dan timeline

Setelah menentukan jenis tulisan, perlu kamu melakukan konsep dan target untuk dapat menyelesaikannya.

  • Cari referensi dan lakukan pengamatan (referensi bisa dengan membaca, mengamati, mendengar, dll)
  • Tentukan sikap dalam menulis (tulisanmu termasuk tulisan pro atau yang kontra?)
  • Berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman (diskusilah dengan teman yang sudah memiliki tulisan, atau mengirmkan email atau pesan singkat pada orang yang kamu anggap sudah berpengalaman dalam hal menulis.
  • Segeralah menulis dengan hati dan pikiran yang gembira.
  • Jangan lupa melakukan pengecekkan kembali terhadap tulisanmu (lihat kembali ejaan, saltik, dan kaidah bahasa, dll)
  • Ajak temanmu untuk membaca tulisanmu dan mintalah untuk memberikan masukan
  • Jangan lupa tulisan yang sudah di baca kembali, di perbaiki segera bila ditemukan ada kesalahan (memperbaiki salah ejaa, saltik, kaidah bahasa, dll)
  • Perbanyak latihan menulis (perbanyak menulis artinya perbanyak juga untuk membaca)
  • Jangan mudah baper (artinya, menjadi penulis yang baik adalah penulis yang dapat menerima masukan juga mempunyai pendirian sehingga dapat mengambil sikap dalam tulisannya).

 

Itulah beberapa kiat menulis ala BAKBUK.ID. Tetap semangat untuk menulis dan tularkan untuk lebih banyak lagi anak muda untuk mencintai menulis dan membaca, agar Indonesia lebih maju karena memiliki generasi yang melek akan ilmu.

 

Salam literasi

@anilamen

*) Tulisan ini adalah hasil sumbangan pikiran Khairani Indah Lamen, peserta kelas menulis BAKBUK.ID 1.0 beberapa waktu lalu.

You might also like

2 thoughts on “13 Jurus Jitu Jadi Penulis Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *