Manfaat Menulis Ala BAKBUK.ID

MANFAAT MENULIS ALA BAKBUK.ID

#BakbukTips

 

Banyak yang berpendapat menulis itu gampang. Namun tak sedikit yang menganggap itu adalah salah satu hal tersulit. Terlepas dari itu, menulis, dalam hal ini adalah menyampaikan sesuatu dalam bentuk bahasa tulis, bisa bermanfaat lho bagi kehidupan kita sehari-hari.

Tidak perlu bermimpi bahwa ketika membaca artikel ini kamu bakal langsung bisa setenar Tere Liye atau mungkin bisa setajir J.K. Rowling karena hobi mereka menulis.

Mulailah dari hal sederhana, setidaknya hasil tulisanmu bisa untuk dibaca sendiri, menulis dengan tujuan bukan untuk orang lain. Mungkin dalam konteks ini adalah sebuah diari, curhatan, atau  bahkan jurnal dan catatan perjalanan hidup.

Namun demikian menulis dengan tujuan untuk dibaca dan diketahui oleh orang lain jauh lebih bagus. Kenapa? Karena selain bermanfaat untuk diri sendiri juga akan bermanfaat untuk orang lain. Setuju?

Berikut ini adalah 6 manfaat menulis yang disadur dari akun instagram @bakbuk_id dan berbagai sumber.

  1. Media mengekspresikan diri
Sumber : Instagram @bakbuk_id

Proses dari aktifitas menulis pada dasarnya memungkinkan kita untuk bisa mengekspresikan apapun yang ada dalam benak. Baik perasaan, pikiran, dan keinginan.
Dengan kata lain, kita bisa mengeluarkan uneg-uneg yang kita miliki secara bebas melalui tulisan.
Dengan latihan berkala dan diimbangi dengan cukup membaca setiap hari, aktifitas ini memungkinkan kita untuk bisa jadi media mengekspresikan diri.

  1. Menambah Pengetahuan & Kreatifitas
Sumber : Instagram @bakbuk_id

Ketika kita sudah mulai menulis, tentu kita mendambakan tulisan yang baik dan menarik. Akan bertambah menarik apabila dalam tulisan kita bisa disisipi oleh fakta-fakta unik yang jarang orang lain tahu.
Dari sinilah proses menulis menjadi tidak membosankan. Karena kita mendapatkan hal-hal baru untuk membuat tulisan kita menarik. Selain itu, dengan banyak latihan dan dilengkapi banyak membaca, membuat alur tulisan kita semakin rapi dan jalan ceritanya pun makin seru.

  1. Menjadi Agen Perubahan
Sumber : Instagram @bakbuk_id

Percaya tidak? Melalui tulisan, seseorang bisa memengaruhi puluhan hingga jutaan pemikiran orang lain.
Hal tersebut tak dapat dilepaskan dari kekuatan tulisan itu sendiri. Kita secara bebas justru bisa menuangkan gagasan atau ide kita melalui tulisan yang kemudian bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas.
Apabila tulisan kita menarik, tidak mengherankan apabila banyak orang yang kemudian terpengaruh dan menyetujui ide-ide yang kita tuangkan ke dalam bentuk tulisan. Artinya sebuah tulisan yang kita buat bisa memengaruhi pemikiran & membentuk opini publik, dan menggerakkan minat pembaca sesuai dengan ide kita.
Oleh karena itu, tulisan bisa membantu kita mengaplikasikan idealisme untuk mengubah sebuah kondisi masyarakat yang buruk ke kondisi yang lebih baik.

  1. Membawa Amalan Pahala
Sumber : Instagram @bakbuk_id

Kamu pasti sudah paham kan ya bahwa satu di antara tiga amalan dunia yang tak putus pahalanya meski seseorang sudah meninggal adalah “Ilmu Yang Bermanfaat”.
Sedangkan buku adalah pipa-pipa ilmu. Buku adalah salah satu alat mewariskan ilmu. Dan dengan menyelipkan beberapa ayat-ayat kitab suci (agama apapun) secara tafsir yang benar pun, itu bisa menambah nilai dan membuat tulisan kita menjadi pintu dakwah bagi pembaca.

  1. Bisa Menambah Penghasilan
Sumber : Instagram @bakbuk_id

Sebagian orang yang berasumsi bahwa menulis tidak akan menghasilkan keuntungan yang besar pada dasarnya tidak selalu benar.
Dengan menulis justru kita bisa mendapatkan banyak keuntungan secara finansial. Tidak hanya penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadi passive income, dan bernilai besar…
Sebagai contohnya, ketika kita sering menulis artikel di sebuah media massa atau meresensi buku dan dimuat, maka tentu kita akan mendapatkan honor yang tidak sedikit.
Apabila kita mampu menulis buku yang berkualitas dan diterima oleh publik, maka kita juga akan mendapatkan keuntungan finansial atau royalti atas hasil penjualan buku tersebut.
Meskipun demikian, keuntungan finansial tersebut tentu tidak dapat dilepaskan dari kualitas tulisan yang kamu buat ya. Membuat tulisan yang berkualitas juga pada dasarnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
INGAT! Pasar tidak pernah berbohong! Semakin bagus kualitas dan keunikan tulisanmu, maka potensi kamu menjadi kaya karena tulisan tentu akan semakin besar!

  1. Media Untuk Pencitraan
Sumber : Instagram @bakbuk_id

Seperti tagline dari @bakbuk_id “buku adalah kita”, yaa memang seperti itulah adanya. Bukan lagi “kita adalah apa yang kita makan”, tetapi sesuatu yang kita tulis dan kita baca juga bisa menunjukkan siapa diri kita.
Dengan menulis buku contohnya, kita bisa membangun citra diri sebagai orang yang berwawasan, memiliki intelektualitas tinggi, dan berkualitas. Artinya tulisan yang kita buat sebenarnya menjadi iklan tentang diri kita sendiri yang nantinya akan dilihat oleh orang lain.
Bahkan melalui sebuah tulisan pula, kita bisa memiliki banyak relasi yang terkadang tidak kita duga. Relasi tersebut bisa berasal dari masyarakat umum yang secara sengaja ataupun tidak sengaja membaca tulisan kita.
Dengan kondisi seperti itu, maka secara tidak langsung kita juga akan menjadi populer dan dikenal banyak orang. Apabila kita berada di dalam sebuah kelompok masyarakat ataupun organisasi, maka kita akan dicap sebagai orang yang pandai menulis sehingga berbagai urusan yang menyangkut tentang kepenulisan akan diserahkan kepada kita.
Hal tersebut secara tidak langsung berkat personal branding yang kita buat melalui tulisan.(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You might also like

2 thoughts on “Manfaat Menulis Ala BAKBUK.ID”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *