Menulis Novel Itu Mudah

Menulis Novel Itu Mudah

Banyak orang pengen jadi penulis, khususnya novel. Kan keren tuh dikerubungin penggemar pada minta tanda tangan dan foto bareng. Tapi ketika dijak nulis bab 1, tiba-tiba menjadi takut, bingung, baper dan akhirnya naskahnya menguap di udara. Batal deh jadi penulis novel.

Menulis novel itu pada dasarnya mudah, BAKBUK.ID bakalan ngasih bocoran dikit tentang nulis novel. Sebenarnya menulis novel itu sama saja dengan jenis tulisan lainnya. Yang harus disiapkan ketika menulis novel itu adalah banyaklah membaca. Biar kamu gak pada plagiasi. Setelah itu kumpulkan niat kalian ya kak. Nah, habis itu bikin kerangka novel. Dalamnya ada alur, tokoh, watak, latar, konflik, sudut pandang, dan pesan dari novel yang ditulis. Masalah teknis bisa dipikir belakangan, yang penting tulis dulu semua idemu. Abis itu bikin jadwal atau target halaman per hari yang harus diselesaikan. Udah deh, langsung aja selesein novelmu.

Langkah terakhir adalah terbitkan naskahmu. Jika masih pemula tak perlu minder, carilah tempat yang memberikan penawaran terbaik dalam mengapresiasi karyamu. So, jika ada yang mudah kenapa harus susah. Berkaryalah bersama BAKBUK.ID! (*)

You might also like

4 thoughts on “Menulis Novel Itu Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *