5 Langkah Bikin Cerpenmu Makin Kece !!!

Kopi dan Imajinasi

5 Langkah Bikin Cerpenmu Makin Kece!!!

Nulis cerpen itu emang kayak deketin gebetan kita sih, gampang-gampang susah. Kadang-kadang kita udah bikin cerpen itu dari gaya bahasanya udah keren tapi endingnya sudah ketebak kan jadi gak sebel. Kali ini BAKBUK.ID ngasih sedikit tips biar cerpenmu makin enak dibaca.

Sebelum menulis pastikan dulu kamu udah pernah membaca cerpen dong ya. Masak mau nulis cerpen bacanya buku resep makanan? Kedua adalah pastikan kamu sudah memiliki gambaran jumlah kata atau halaman dari cerpen dari karyamu. Ingat, kita sedang bikin cerpen bukan novel. Jadi batasilah ceritamu!
Yang ketiga ini adalah nyawa dari cerpen, bisa juga disebut unsur intrinsik. Sebuah cerpen tidak dapat berdiri sendiri, ada beberapa unsur yang dipenuhi. Cerpen hendaknya selalu diawali dengan tema, pastikan tema yang kamu angkat memiliki perbedaan dengan penulis lainnya. Buat cerpenmu memiliki ciri khas. Selanjutnya adalah alur atau plot, di sinilah peran kamu sebagai penulis sangat diuji. Kamu harus menentukan kapan konflik itu dimulai atau diakhiri. Bagaimana mengenalkan tokoh yang menjadi pelaku dalam cerpenmu. Setelah membuat alur, tentukan setting atau latar di mana cerpenmu itu berlangsung. Bisa di dalam kereta api, rumah sakit, sekolah atau bahkan di dalam kamar mandi. Pastikan kamu riset dengan benar sehingga pembaca bisa feel dengan latar yang kamu suguhkan.

Cerpen juga tak bisa dilepaskan dari sosok tokoh, tak ada cerita fiksi yang tidak memiliki tokoh. Ketika membuat tokoh yakinkan ke pembaca bahwa tokoh tersebut berperan sebagai tokoh baik, jahat ataukah hanya figuran. Jika tokohmu baik semua atau jahat semua maka gak bakal ada konflik yang muncul. Tokoh udah punya nih, jangan lupa bikin penokohan. Hal ini perlu agar tokoh tersebut terkesan hidup. Penokohan ini menunjukkan karakter atau sifat si tokoh. Misalnya pemarah, penyayang, pemalu. Bisa juga hobinya, semisal minum kopi, makan arang, atau bermain bola basket. Biar lebih lengkap bisa juga ditambahi dengan bentuk tubuh, jenis rambut, dan lain yang sebagainya. Oya, jangan lupa tentukan sudut pandang dalam cerpen. Sudut pandang orang pertamakah, kedua, atau ketiga. Gunakan kata ganti orang yang sesuai. Terakhir adalah cerpen yang kamu buat memiliki amanat atau pesan yang harus disampaikan. Bisa secara eskplisit atau implisit.

Keempat adalah buatlah daftar untuk mengecek unsur-unsur tadi apakah sudah dipenuhi atau belum? Jika ada yang kurang bisa ditambahkan ke dalam cerpen untuk membuat cerpenmu makin pas dibaca. Jangan lupa melihat ejaan, salah ketik dan hal teknis lainnya. Sebelum dikirimkan ada baiknya ajak temanmu untuk membaca karyamu, terima masukkannya dan segera diperbaiki.
Kelima, jika cerpenmu sudah oke, segera saja deh kamu kirim ke media masaa. Terbitkan dalam bentuk buku. Jangan sampai cuma menuh-menuhin memori komputermu. Nah, omong-omong udah ikut lomba cerpen di laman BAKBUK.ID belum? Hayooo…jangan sampai melongo aja, ntar ditikung nyesel lho…(*)

You might also like

3 thoughts on “5 Langkah Bikin Cerpenmu Makin Kece !!!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *