Self Publishing? Apa Itu?

Self Publishing? Apa Itu?

“Maaf naskah anda tak layak dijual di sini,” begitu kira-kira ketika seorang mengalami penolakan karyanya. Sedih bukan? Berapa banyak tenaga dan waktu sudah dikorbankan demi sebuah karyamu. Belum lagi kalau harus mencetak naskahmu ke ratusan lembar kertas. Setelah itu hasilnya gak sesuai harapan, NYESEK!

Belakangan ini muncul semangat baru dalam dunia kepenulisan, teman sekalian mungkin pernah mendengar metode baru yaitu self publishing. Apaan sih itu? Atau jangan-jangan malah baru pada denger ya? Self publishing adalah sebuah upaya untuk menerbitkan bukumu sendiri, mulai dari pracetak, cetak, bahkan pemasaran. Kamu yang lakukan semuanya sendiri. Kamu adalah bos dari bukumu itu, tak ada yang “mencampuri” bukumu. Semuanya berada di tanganmu!

Nah, lalu apakah kamu harus minder dengan karyamu yang dijual secara self publishing? Seharusnya kalian malah bangga, karena benar-benar dituntut untuk berani mempertanggungjawabkan karyamu kepada khalayak luas. Lalu apalagi sih yang keren dari self publishing? Secara keuntungan ekonomi, jelas kalian bisa menentukan harga sesuai seleramu. Terakhir, kamu juga secara tidak langsung berlatih menjadi seorang pengusaha. Masih mau karyamu ditolak? Atau bingung cari tempat self publishing kekinian? BAKBUK.ID solusinya. (*)

You might also like

One thought on “Self Publishing? Apa Itu?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *